Minggu, 30 April 2017

PROPOSAL PENDIRIAN USAHA
“JILBAB STORE JEPARA”
Proposal Ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Kewirausahaan

DOSEN : Dr. Drs. Sukirman S.Pd.,SH.,MM



Disusun Oleh:
Nama                  :           Ismi Fadhillah
NIM                   :           201511208
Kelas                  :           4C

 

PROGAM STUDI MANAJEMENFAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2017/ 2018






ABSTRAK
Seiring dengan majunya perkembangan jaman semakin tingginya semangat religious masyarakat Indonesia jilbab pun ikut menjadi trend tersendiri. Kaum perempuan muslim ini terus mengikuti modenya. Jika jilbab yang banyak kita jumpai lebih menonjolkan fungsinya untuk mempercantik saja. Bisnis jilbab / kerudung online sekarang semakin marak digeluti oleh para wanita. Tidak hanya artis saja, Kalangan masyarakat umum pun atau dikalangan mahasiswa pun dapat bisnis ini dan sukses. Bisnis Jilbab bagi saya merupakan bisnis yang sangat menggiurkan buat saya semakin hari perempuna banyak yang mulai menggunakan hijab dan mereka pasti butuh referensi hijab yang cocok dengan mereka serta syar'i. Saya tertarik dengan bisnis Jilbab karena semakin banyak orang khususnya wanita muslim yang menggunakan Jilbab. Hal utama yang mendasari saya berbisnis ialah karena memakai Jilbab adalah perintah wajib bagi muslimah. Jadi bagi saya bisnis Jilbab jika mendapatkan banyak pembeli bisa mendapatkan untuk yang menggiurkan, jadi tidak ada salahnya mulai berbisnis Jilbab mulai sekarang dengan bermodalkan niat yang kuat tanpa modal uang pun bisa, mula mula kita menawarkkan hijab sebagai reseller setelah mendapatkan untung kita bisa mulai usaha yang lebih besar bahkan bisa membuat toko hijab.

DAFTAR ISI
JUDUL                                                                                                           1
Abstrak                                                                                                           2
DAFTAR ISI                                                                                                  3
KATA PENGANTAR                                                                                   5
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang                                                                                    6
1.2  Konsep                                                                                                6
1.3  Visi                                                                                                      6
1.4  Misi                                                                                                     7
1.5  Tujuan                                                                                                 7
BAB II PROFIL USAHA
2.1  Nama dan Alamat Perusahaan                                                            8
2.2  Nama dan Alamat Pemilik                                                                  8
2.3  Informasi Tentang Usaha                                                                   8
BAB III STRUKTUR ORGANISASI                                                           9
BAB IV PRODUK USAHA
4.1  Jenis Produk                                                                                       11
4.2  Sumber-sumber Produk/Bahan                                                           11
4.3  Gambaran Produk                                                                               11
4.4  Bahan Baku                                                                                        12
4.5  Harga Produk                                                                                      12
4.6  Produk Jilbab                                                                                      13
4.7  Keunggulan Produk Jilbab                                                                  32
BAB V ASPEK PEMASARAN
5.1  Target dan Segmentasi Pasar                                                              33
5.4  Faktor Kompetitif                                                                               33
5.3  Rencana Penjualan                                                                              34
BAB VI RENCANA KEUANGAN                                                              36
BAB VII PENUTUP                                                                                      38
LAMPIRAN                                                                                                   39

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam saya sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pada mata kuliah kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat saya harap. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Seiring berkembangnya zaman, berkembang pula fashion yang ada di Indonesia termasuk juga jilbab, Jilbab adalah suatu kewajiban wanita muslimah untuk menutupi aurat, banyak wanita dan remaja putri yang mengenakan jilbab untuk penampilan dan menutupi aurat bagian kepala,rambut dan leher mereka ketika bersilaturahmi kepada sanak keluarga atau berpergian. Jilbab  tidak lagi hanya sekedar penutup kepala, tetapi jilbab tersebut sudah menjadi suatu keharusan dalam menciptakan penampilan yang modis dan menarik. Ini terlihat dari banyaknya penjual-penjual jilbab yang memenuhi hamper semua pusat perbelanjaan.
Banyak pula buku-buku yang sengaja ditulis dan dicetak untuk memberikan paduan dan variasi penggunaan jilbab sehingga semakin banyak lagi para wanita remaja putri muslimah yang akhirnya memiliki untuk mengenakan jilbab sebagai pelengkap penampilan mereka. Dulu jilbab hanya memlikidesain yang monoton dan tidak memiliki seni keindahan dan cenderung berwarna gelap, maka dari itu usaha saya yang bergerak dalam bidang fashion jilbab ingin menciptakan produk jilbab yang mempunyai keindahan dan inovasi sehingga lebih banyak yang berminat untuk menggunakan produk saya.
1.2  Konsep
Menggunakan informasi dari pelanggan ke pelanggan dengan menyediakan brosur promosi, menjalin kerja sama dengan para brand model ternama dalam sebuah fashion show untuk di promosikan dan membuka stand tokok ketika ada pameran di berbagai tempat.
1.3  Visi
Menciptakan produk jilbab yang berkualitas, menjadi usaha penjualan jilbab yang sukses, maju, dan memiliki prestasi yang tinggi dalam penyediaan jilbab, mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dalam setiap penjualan jilbab dan memiliki pelanggan tetap menguasai pangsa pasar nasional bahkan internasional dan juga memberikan pelayanan dalam hal fashion jilbab yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
1.4  Misi
v  Menciptakan ide-ide, model dan desain jilbab terbaru
v  Bekerja sama dengan brand jilbab ternama
v  Mengadakan perlombaan desain jilbab
v  Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik demi kepuasan para pelanggan
v  Memberikan harga jual yang terjangaku kepada masyarakat
v  Membuka cabang di daerah lain yang potensial
v  Menerima pesanan
1.5  Tujuan
1.      Berperan aktif dalam bidang bisnis
2.      Menyediakan kebutuhan fashion para wanita dan remaja muslimah, supaya lebih mudah menemukannya
3.      Mendapatkan keuntungan







BAB II
PROFIL USAHA
2.1  Nama dan Alamat Perusahaan
           Nama perusahaan                    : JILBAB STORE JEPARA
           Alamat perusahaan                  : Desa Pecangaan RT 13 RW 02 Jepara
           No. Telp                                  : 081322734737
2.2  Nama dan Alamat Pemilik
           Nama pemilik                         : Ismi Fadhillah
           Alamat pemilik                        : Desa Pulodarat Pecangaan Jepara
           No. Telp                                  : 081322734737
2.3  Informasi Tentang Usaha
           Perusahaan yang kami dirikan ini bergerak di bidang perdagangan yang menjual produk jilbab yang cocok untuk di kenakan para wanita dan remaja putri khususnya muslimah, dengan memilih usaha ini kami yakin usaha kami akan berkembang dan maju, di karenakan pada saat ini banyak sekali wanita remaja muslim yang gemar memakai jilbab sebagai salah satu fashion mereka.
           Untuk menjalankan usaha kami disini ada beberapa kelebihan, kelemahan dan keuntungan.
1.               Strangt(kelebihan)
Berbeda dari produk yang lain dikarenakan di desain sedemikian mungkin agar lebi menonjol dan lebih menarik untuk di kenakan tidak terasa panas saat dikenakan dan tidak muda kusam. Bahan produk yang terjamin dan berkualitas
2.               Weakness (Kelemahan)
Ada beberapa bahan baku yang susah untuk di produksi ulang kembali Produk mudah ditiru


3.               Opportunity (Peluang)
Jilbab sekarang sudang menjadi trand sebagai fashion bagi para wanita ,maka banyak sekali para wanita yang mencari dan mengginginkan hijab yang bagus dan beranaka ragan jenis terbaru untuk di kenakan.
BAB III
STRUKTUR ORGANISASI
Dalam hal ini kami membutuhkan karyawan, Karena usaha ini kami geluti dengan beberapa orang yang mempunyai tugas masing-masing.
1.               Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya dan input/output keuangan usaha
2.               Tim Management
Latar belakang tim management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan yang bertugas untuk membantu memasarkan produk dari usaha ini dan membantu membuat kreasi hijab.
3.               Masalah yang Potensial
Masalah yang potensial mungkin terjadi dalam pelaksanaan usaha ini adalah telah bergantinya model jilbab namun persediaan jilbab model sebelumnya masih banyak dan terlambatnya suplay barang dari pemasok
4.                Tindakan Alternatif
·      Membandingkan tingkat ke-booming-an suatu model jilbab yang baru dengan banyaknya jumlah pembelian jilbab tersebut.
·      Selalu meminta informasi kepada pemasok yang berkaitan dengan pengiriman barang
·      Jika perlu, membuat perjanjian-perjanjian dengan pemasok mengenai kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi
·      Memahami tingkat akseptabilitas masyarakat sekitar terhadap suatu model jilbab.
BAB IV
PRODUK USAHA
4.1  Jenis Produk
           Jenis barang yang dijual adalah salah satu jenis kebutuhan pokok masyarakat, khusunya para wanita an remaja putri mulim, yakni berupa jilbab. Jilbab yang dijual dalam usaha ini adalah jilbab degan berbagai merek, model, bahan, ukuran, dan warna, sehingga usaha ini akan lebih dilirik oleh konsumen. Jenis-jenis jilbab yang akan dijual dalam usaha ini atara lain :
Ø    Jilbab paris polos
Ø    Jilbab paris berbordir
Ø    Jilbab pashmina
Ø    Jilbab rabbani
Ø    Jilbab rempel
Ø    Jilbab motif
Ø    Jilbab syar’i
Ø    Dsb
4.2  Sumber-sumber Produk / Bahan

           Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier, kami mengambil dari pasar besar seperti toko kain dan relasi dari butik dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak pendiri usaha maupun konsumen yang membelinya.

4.3  Gambaran produk

           Produk yang akan diluncurkan didesain sedemikian rupa sehingga membuat jilbab tersebut dapat terlihat rapi walau tanpa disetrika, praktis untuk digunakan, nyaman dipakai, tidak membuat penggunanya merasa kepanasan, serta modis dan selalu mengikuti perkembangan trend masa kini.



4.4 Bahan Baku
1.   Benang                        : Rp. 5.000,-/per gulung
2.   Jarum                           :Rp. 1.000,-
3.   Gunting                       : Rp. 6.000,-
4.   Patung  kepala             : Rp. 35.000,-
5.   Kain                            : Rp. 105.000,- (20 potong kain polos)
6.   Meteran jahit               : Rp. 3.000,-
7.   Kantong plastic           : Rp. 2000,-
8.   Mesin jahit                  : Rp. 2.800.000,-
Jumlah                                   : Rp. 2.957.000
4.5  Harga Produk
   Harga yang akan ditawarkan berkisar antara Rp. 9.000,- sampai Rp. 100.000,-, tergantung dengan produknya Seperti :
Berikut ini macam macam hijab :
1.               Jilbab paris polos                    : Rp.9.000,-
2.               Jilbab paris berbordir              : Rp.15.000,-
3.               Jilbab pashmina                       : Rp.25.000,-
4.               Jilbab Rabbani             : Rp.45.000,-
5.               Jilbab rempel                           :Rp.25.000,-
6.               Jilbab motif                             :Rp.25.000,-
7.               Jilbab syar’I                            :Rp.40.000,-
Dan masih banyak lagi jenis yang akan kami tawarkan
4.6  Produk Jilbab
Ø    Jilbab Paris Polos




                       
              


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar