PROPOSAL
PENDIRIAN USAHA
“JILBAB
STORE JEPARA”
Proposal Ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas
Kewirausahaan
DOSEN : Dr. Drs. Sukirman S.Pd.,SH.,MM
Disusun
Oleh:
Nama : Ismi Fadhillah
NIM : 201511208
Kelas : 4C
PROGAM
STUDI MANAJEMENFAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS
MURIA KUDUS
2017/
2018
ABSTRAK
Seiring
dengan majunya perkembangan jaman semakin tingginya semangat religious masyarakat
Indonesia jilbab pun ikut menjadi trend
tersendiri. Kaum perempuan muslim ini terus mengikuti modenya. Jika jilbab yang
banyak kita jumpai lebih menonjolkan fungsinya untuk mempercantik saja. Bisnis
jilbab / kerudung online sekarang semakin marak digeluti oleh para wanita.
Tidak hanya artis saja, Kalangan masyarakat umum pun atau dikalangan mahasiswa
pun dapat bisnis ini dan sukses. Bisnis Jilbab bagi saya merupakan bisnis yang
sangat menggiurkan buat saya semakin hari perempuna banyak yang mulai
menggunakan hijab dan mereka pasti butuh referensi hijab yang cocok dengan
mereka serta syar'i. Saya tertarik dengan bisnis Jilbab karena semakin banyak
orang khususnya wanita muslim yang menggunakan Jilbab. Hal utama yang mendasari
saya berbisnis ialah karena memakai Jilbab adalah perintah wajib bagi muslimah.
Jadi bagi saya bisnis Jilbab jika mendapatkan banyak pembeli bisa mendapatkan
untuk yang menggiurkan, jadi tidak ada salahnya mulai berbisnis Jilbab mulai
sekarang dengan bermodalkan niat yang kuat tanpa modal uang pun bisa, mula mula
kita menawarkkan hijab sebagai reseller setelah mendapatkan untung kita bisa
mulai usaha yang lebih besar bahkan bisa membuat toko hijab.
DAFTAR ISI
JUDUL 1
Abstrak 2
DAFTAR ISI 3
KATA PENGANTAR 5
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang 6
1.2 Konsep 6
1.3 Visi 6
1.4 Misi 7
1.5 Tujuan 7
BAB II PROFIL USAHA
2.1 Nama
dan Alamat Perusahaan 8
2.2 Nama
dan Alamat Pemilik 8
2.3 Informasi
Tentang Usaha 8
BAB III STRUKTUR ORGANISASI 9
BAB IV PRODUK
USAHA
4.1 Jenis
Produk 11
4.2 Sumber-sumber
Produk/Bahan 11
4.3 Gambaran
Produk 11
4.4 Bahan
Baku 12
4.5 Harga
Produk 12
4.6 Produk
Jilbab 13
4.7 Keunggulan
Produk Jilbab 32
BAB V ASPEK
PEMASARAN
5.1 Target
dan Segmentasi Pasar 33
5.4 Faktor
Kompetitif 33
5.3 Rencana
Penjualan 34
BAB VI RENCANA
KEUANGAN 36
BAB VII PENUTUP 38
LAMPIRAN 39
KATA PENGANTAR
Segala
puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam saya sampaikan
hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Sehingga oleh karenanya
kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini
adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pada mata
kuliah kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan,
namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat
menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan
ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada
semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang
salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya
dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas
ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang
membangun dari semua pihak sangat saya harap. Harapan kami semoga tugas ini
bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring berkembangnya zaman, berkembang pula fashion
yang ada di Indonesia termasuk juga jilbab, Jilbab adalah suatu kewajiban
wanita muslimah untuk menutupi aurat, banyak wanita dan remaja putri yang
mengenakan jilbab untuk penampilan dan menutupi aurat bagian kepala,rambut dan
leher mereka ketika bersilaturahmi kepada sanak keluarga atau berpergian.
Jilbab tidak lagi hanya sekedar penutup
kepala, tetapi jilbab tersebut sudah menjadi suatu keharusan dalam menciptakan
penampilan yang modis dan menarik. Ini terlihat dari banyaknya penjual-penjual
jilbab yang memenuhi hamper semua pusat perbelanjaan.
Banyak pula buku-buku yang sengaja ditulis dan dicetak
untuk memberikan paduan dan variasi penggunaan jilbab sehingga semakin banyak
lagi para wanita remaja putri muslimah yang akhirnya memiliki untuk mengenakan
jilbab sebagai pelengkap penampilan mereka. Dulu jilbab hanya memlikidesain
yang monoton dan tidak memiliki seni keindahan dan cenderung berwarna gelap,
maka dari itu usaha saya yang bergerak dalam bidang fashion jilbab ingin
menciptakan produk jilbab yang mempunyai keindahan dan inovasi sehingga lebih
banyak yang berminat untuk menggunakan produk saya.
1.2
Konsep
Menggunakan informasi dari pelanggan ke pelanggan
dengan menyediakan brosur promosi, menjalin kerja sama dengan para brand model
ternama dalam sebuah fashion show untuk di promosikan dan membuka stand tokok
ketika ada pameran di berbagai tempat.
1.3
Visi
Menciptakan produk jilbab yang berkualitas, menjadi
usaha penjualan jilbab yang sukses, maju, dan memiliki prestasi yang tinggi
dalam penyediaan jilbab, mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dalam
setiap penjualan jilbab dan memiliki pelanggan tetap menguasai pangsa pasar
nasional bahkan internasional dan juga memberikan pelayanan dalam hal fashion
jilbab yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
1.4
Misi
v Menciptakan
ide-ide, model dan desain jilbab terbaru
v Bekerja
sama dengan brand jilbab ternama
v Mengadakan
perlombaan desain jilbab
v Memberikan
dan menerapkan pelayanan yang baik demi kepuasan para pelanggan
v Memberikan
harga jual yang terjangaku kepada masyarakat
v Membuka
cabang di daerah lain yang potensial
v Menerima
pesanan
1.5
Tujuan
1. Berperan
aktif dalam bidang bisnis
2. Menyediakan
kebutuhan fashion para wanita dan remaja muslimah, supaya lebih mudah
menemukannya
3. Mendapatkan
keuntungan
BAB II
PROFIL USAHA
2.1
Nama
dan Alamat Perusahaan
Nama
perusahaan : JILBAB
STORE JEPARA
Alamat
perusahaan : Desa Pecangaan
RT 13 RW 02 Jepara
No.
Telp :
081322734737
2.2
Nama
dan Alamat Pemilik
Nama
pemilik : Ismi
Fadhillah
Alamat
pemilik : Desa
Pulodarat Pecangaan Jepara
No.
Telp :
081322734737
2.3
Informasi
Tentang Usaha
Perusahaan
yang kami dirikan ini bergerak di bidang perdagangan yang menjual produk jilbab
yang cocok untuk di kenakan para wanita dan remaja putri khususnya muslimah,
dengan memilih usaha ini kami yakin usaha kami akan berkembang dan maju, di
karenakan pada saat ini banyak sekali wanita remaja muslim yang gemar memakai
jilbab sebagai salah satu fashion mereka.
Untuk menjalankan usaha kami disini
ada beberapa kelebihan, kelemahan dan keuntungan.
1.
Strangt(kelebihan)
Berbeda dari
produk yang lain dikarenakan di desain sedemikian mungkin agar lebi menonjol
dan lebih menarik untuk di kenakan tidak terasa panas saat dikenakan dan tidak
muda kusam. Bahan produk yang terjamin dan berkualitas
2.
Weakness (Kelemahan)
Ada beberapa bahan
baku yang susah untuk di produksi ulang kembali Produk mudah ditiru
3.
Opportunity (Peluang)
Jilbab sekarang sudang
menjadi trand sebagai fashion bagi para wanita ,maka banyak sekali para wanita
yang mencari dan mengginginkan hijab yang bagus dan beranaka ragan jenis
terbaru untuk di kenakan.
BAB
III
STRUKTUR
ORGANISASI
Dalam hal ini kami membutuhkan karyawan, Karena usaha
ini kami geluti dengan beberapa orang yang mempunyai tugas masing-masing.
1.
Pemilik usaha bertugas
untuk memantau jalannya dan input/output keuangan usaha
2.
Tim Management
Latar belakang tim
management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat
memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha. Selain itu dituntut
profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan yang bertugas untuk membantu
memasarkan produk dari usaha ini dan membantu membuat kreasi hijab.
3.
Masalah yang Potensial
Masalah yang potensial mungkin terjadi dalam pelaksanaan
usaha ini adalah telah bergantinya model jilbab namun persediaan jilbab model
sebelumnya masih banyak dan terlambatnya suplay barang dari pemasok
4.
Tindakan
Alternatif
·
Membandingkan
tingkat ke-booming-an suatu model jilbab yang baru dengan banyaknya
jumlah pembelian jilbab tersebut.
·
Selalu
meminta informasi kepada pemasok yang berkaitan dengan pengiriman barang
·
Jika perlu,
membuat perjanjian-perjanjian dengan pemasok mengenai kemungkinan-kemungkinan
yang akan terjadi
·
Memahami
tingkat akseptabilitas masyarakat sekitar terhadap suatu model jilbab.
BAB
IV
PRODUK
USAHA
4.1
Jenis
Produk
Jenis
barang yang dijual adalah salah satu jenis kebutuhan pokok masyarakat, khusunya
para wanita an remaja putri mulim, yakni berupa jilbab. Jilbab yang dijual
dalam usaha ini adalah jilbab degan berbagai merek, model, bahan, ukuran, dan
warna, sehingga usaha ini akan lebih dilirik oleh konsumen. Jenis-jenis jilbab
yang akan dijual dalam usaha ini atara lain :
Ø
Jilbab paris polos
Ø
Jilbab paris berbordir
Ø
Jilbab pashmina
Ø
Jilbab rabbani
Ø
Jilbab rempel
Ø
Jilbab motif
Ø
Jilbab syar’i
Ø
Dsb
4.2
Sumber-sumber
Produk / Bahan
Untuk
sumber-sumber bahan baku atau supplier, kami mengambil dari pasar besar seperti
toko kain dan relasi dari butik dengan model dan corak yang menarik konsumen
tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari
pihak pendiri usaha maupun konsumen yang membelinya.
4.3
Gambaran
produk
Produk
yang akan diluncurkan didesain sedemikian rupa sehingga membuat jilbab tersebut
dapat terlihat rapi walau tanpa disetrika, praktis untuk digunakan, nyaman
dipakai, tidak membuat penggunanya merasa kepanasan, serta modis dan selalu
mengikuti perkembangan trend masa kini.
4.4 Bahan Baku
1. Benang
: Rp. 5.000,-/per
gulung
2. Jarum :Rp. 1.000,-
3. Gunting : Rp. 6.000,-
4. Patung kepala :
Rp. 35.000,-
5. Kain
: Rp. 105.000,-
(20 potong kain polos)
6. Meteran
jahit : Rp. 3.000,-
7. Kantong
plastic : Rp. 2000,-
8. Mesin
jahit : Rp. 2.800.000,-
Jumlah : Rp. 2.957.000
4.5 Harga Produk
Harga yang
akan ditawarkan berkisar antara Rp. 9.000,- sampai Rp. 100.000,-, tergantung
dengan produknya Seperti :
Berikut ini macam macam hijab :
1.
Jilbab paris polos : Rp.9.000,-
2.
Jilbab paris berbordir : Rp.15.000,-
3.
Jilbab pashmina : Rp.25.000,-
4.
Jilbab Rabbani :
Rp.45.000,-
5.
Jilbab rempel :Rp.25.000,-
6.
Jilbab motif :Rp.25.000,-
7.
Jilbab syar’I :Rp.40.000,-
Dan masih banyak lagi jenis
yang akan kami tawarkan
4.6 Produk Jilbab
Ø
Jilbab
Paris Polos
Tidak ada komentar:
Posting Komentar